Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

Belajar, Bermain, Berjamaah SD Cendikia Muda

Posted on Feb 03, 2016

 

Belajar Bermain Berjamaah

SD CENDIKIA MUDA BANDUNG

 

 

         Saat ini, berbagai jenis metode pendidikan telah mengalami perkembangan. Jenis-jenis metode pendidikan yang disampaikan kepada pelajar diantaranya teori, praktikum, observasi, field trip, dan berbagai jenis lainnya. Tujuan dari metode pendidikan tersebut, untuk membuat ilmu dan pengetahuan dipahami oleh pelajar. 

         SD Cendikia Muda Bandung merupakan sekolah islam unggulan di Kota Bandung. Alamat sekolah di Jl. Antapani No. 35 Bandung. Lokasi sekolah yang strategis bertempat di pusat kota, menjadi satu diantara sekolah unggulan pilihan warga Bandung. 

       Metode pendidikan tematik islami menjadi ciri khas pendidikan di SD Cendikia Muda Bandung. Ruh Islam menjadi pondasi dan tiang penyangga sekolah, untuk memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pelajar. Kegiatan Istimewa yang dilakukan di sekolah ini, berdasarkan referensi dalil-dalil yang shahih (baik bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah). Dalam belajar dan beribadah mereka membiasakan untuk bersama-sama/berjamaah dalam beribadah dan berbuat kebaikan 

      Hal yang menarik dari proses belajar di SD Cendikia Muda adalah menikmati dan bersyukur atas ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Ide kreatif dan inovatif dari guru dan pembimbing SD Cendikia menjadi peran utama dalam proses belajar yang menarik tersebut. Sehingga, diharapkan ilmu dan wawasan menjadi bekal yang bermanfaat untuk masa depan.

          Kami " Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga " mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan sebagai pembimbing materi sejarah, seni, dan budaya. Kami menyambut gembira saat kedatangan adik dan rekan-rekan SD Cendikia Muda Bandung. Antusias, semangat, senyum, bahagia terlihat ketika tiba di halaman Museum Sri Baduga. Banyak senyum, dan salam hangat dari adik-adik SD Cendikia Bandung. Kami merasakan kedekatan seperti keluarga meski beberapa kali berjumpa. 

Gambar 1. Pak Edy (Museum Sri Baduga) dan Guru SD Cendikia Muda Bandung  

          Konsep baru penyampaian informasi ilmu dan wawasan yang kami berikan adalah " Belajar, Bermain, Berjamaah ". Hal yang menarik dari konsep baru tersebut yakni penyampaian informasi mengenai pengetahuan sejarah, seni, dan budaya tradisional. Kami membawa mereka ke seluruh ruang indah Museum Negeri Sri Baduga. Informasi yang disampaikan yakni 10 Klasifikasi Koleksi Museum Negeri Sri Baduga diantaranya Geologika, Numismatika, Biologika, Filologika, Etnografika, Keramologika, Arkeologika, Seni Rupa, Historika, Teknologika.

          Kami membawa mereka untuk belajar berbagai sejarah, seni dan budaya indonesia. Mereka belajar dan bermain di museum sri baduga. Mereka dapat diperbolehkan melihat miniatur benda bersejarah, berfoto dengan berbagai macam koleksi Museum Sri Baduga. Ilmu dan cinderamata foto menjadi harapan kami untuk menjalin silaturahmi dan menunggu kedatangan adik dan rekan-rekan SD Cendikia Muda Bandung.

        Kami mengucapkan Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kami mengharapkan salam hangat dan kehadiran kalian kemali di Museum Negeri Sri Baduga.

"Jazakumullah khairan katsiran kepada SD CENDIKIA MUDA BANDUNG"

Gambar 2. Plakat dari SD Cendikia Muda Bandung

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku