Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

"Cahaya Dunia Dari Masa Ke Masa"

Posted on Apr 24, 2015

(Pameran Tematik)

20 s.d 24 April 2015

Mall City Link, Jl Peta, Bandung

Sumber Berita : IIP Syarif Hidayat



"Pameran Khusus Intercity Pernak Pernik Lentera"



Dalam upaya memelihara dan memanfaatkan budaya khususnya Lampu sebagai tinggalan warisan budaya leluhur, Balai pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Kepurbakalaan, Kesejarahan, Nilai-nilai Tradisional, dan Museum.

Perkembangan Industri Lampu baik tradisional maupun modern mengandung nilai-nilai luhur dapat memperhalus akal budi manusia sehingga lebih menjadi arif dan bijaksana. Globalisasi dan modernisasi berpengaruh terhadap tata nilai dalam kehidupan industri di daerah, baik secara positif maupun negatif, sehingga perlu diusahakan upaya-upaya meminimalisasi pengaruh-pengaruh negatif dan budaya global dengan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan dunia industri Lampu.
Upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap industri serta kreatifitas terhadap Lampu perlu didorong dengan pengaturan kebijakan yang tepat dan terarah. Perkembangan industri Lampu di zaman sekarang ini semakin berubah, sesuai kebutuhan masyarakat.

Kita menyadari bahwa Wilayah Nusantara yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, adat-istiadat, dan seni budaya daerah yang berbeda merupakan kekayaan budaya dan kebanggaan bangsa. Berbagai daerah suku di Indonesia banyak menghasilkan karya seni tradisi khususnya Lampu sebagai alat penerang yang masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Perkembangan industri pembuatan Lampu di daerah pada umumnya merupakan hasil kreatifitas putra bangsa yang patut kita hargai dan apresiatif atas karya-karyanya. Nilai artistik yang terkandung pada motif, corak guna dan fungsi, merupakan hasil imajinasi teknik pengerjaan yang rumit dan unik, dan bentuk serta keindahannya yang mengagumkan.

Dalam upaya memberi pemahaman tentang perkembangan keanekaragaman jenis-jenis lampu terhadap masyarakat luas, Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat berupaya memamerkan karya-karya jenis-jenis Lampuunggulan Jawa Barat melalui Pameran berjudul Pernak Pernik Lentera dengan tema “Cahaya Dunia Dari Masa ke Masa”, yang bertempat di MallCitylink Kota Bandung yang berlangsung mulai dari tanggal 20 s.d 24 April 2015 Harapan kami semoga pameran ini dapat memberikan informasi yang baik dan benar kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda, sebagai penerus bangsa sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam menghayati nilai budaya sekaligus memperkaya aset budaya bangsa.

Tujuan diselenggarakannya pameran lentera, yakni;

1. Memperkenalkan museum lebih dekat kepada masyarakat di pusat pertokoan Mall;
2. Memperkenalkan dan menggali nilai kearifan tradisional serta filosofi jenis-jenis lampu serta pernak-pernik lampu;
3. Mengembangkan karya seni dan artistik pernak pernik lampu koleksi museum dari masa ke masa;
4. Meningkatkan jumlah pengjung yang datang berkunjung berkunjung ke museum

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku