Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

*Hadirilah Pesta Buku Bandung 2016*

Posted on Jan 28, 2016

29 Januari s.d 4 Februari 2016

Gedung Landmark, Bandung 

Pesta Buku Bandung 2016

   Dikenal sebagai Kota Kembang dan Kota Wisata Indonesia, Bandung kini dikenal sebagai Kota Pelajar seperti Yogyakarta. Dalam sektor pendidikan, banyak sekolah dan universitas yang tersebar di Bandung dengan mutu dan kualitas pendidikan yang sangat baik. Dilihat dari potensi pendidikan dan daya tarik wisata yang menjadi potensi unggulan, Bandung telah mengembangkan "Karya Wisata" untuk mendukung perkembangan pendidikan terhadap masyarakat dengan daya tarik wisata. Pariwisata yang dimiliki Bandung, menjadi daya tarik pertama dan mengesankan kepada masyarakat, wisatawan domestik,dan internasional. Selain itu, daya tarik wisata menjadi pengantar pendidikan kepada masyarakat. Masyarakat dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan dengan berwisata. Banyak tempat wisata yang sekaligus memberikan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Beberapa contoh tempat wisata unggulan : Museum Negeri Sri Baduga, Alun-alun Bandung, Museum Geologi, Museum Asia Afrika, Taman Budaya, IPTEK Kota Baru Parahyangan, dan tempat wisata menarik lainnya.

  Potensi tersebut dimanfaatkan oleh IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) untuk mengembangkan kembali sektor wisata dan pendidikan, dengan ide luar biasa yakni "Wisata Buku". Banyak pameran yang telah diselenggarakan oleh IKAPI diantaranya Pameran Buku Bandung, Islamic Fair, dan Pesta Buku Bandung. Agenda yang rutin diselenggerakan awal tahun dan menjelang akhir tahun bertempat di Jl. Braga No. 129 Bandung. Kegiatan tersebut menjadi rencana untuk mencapai cita-cita Kota Bandung menjadi Kota Buku Sejagat 2016. Jika hal ini tercapai, maka Kota Bandung diperkirakan menjadi kota kedua di Asia setelah Bangkok, Thailand dan diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

    Pada awal tahun 2016, IKAPI menyelenggarakan kembali pamerana buku dengan tema "Pesta Buku Bandung 2016". Acara tersebut digelar dari Jumat hingga Kamis, 29 Januari - 4 Februari 2016. Pameran buku tahun ini menyajikan kombinasi pameran buku dengan pameran benda-benda bersejarah dari Nusantara. 

Acara unggulan dalam Pesta Buku Bandung 2016 kali ini yakni:
1. Lomba baca puisi memperebutkan piala Ajip Rosidi tingkat SMA/sederajat se-Jawa Barat dengan total hadiah Rp. 10 juta.
2. Pengumuman pemenang Hadiah Sastra Rancage 2016 sekaligus sosialisasi megaproyeh Kamus Umum Bahasa Indonesa yang akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedam Ph.D.
3. Meet and greet artis pemeran film "Ketika Mas Gagah Pergi".
4. Talkshow Cinta positif dengan pembicara Kang Abay (motivator dan penyanyi religi) serta Ust. Arif Rahman (@teladanrasul).

Jika Anda ingin menambah ilmu, wawasan, serta menggunakan waktu libur bisa datang ke Pesta Buku Bandung 2016. Di sini akan dipamerkan benda-benda peninggalan sejarah dari Museum Sri Baduga Bandung. Untuk masuk lokasi tidak dipungut biaya alias GRATIS.

 

Lampiran Dokumentasi 

Pembukaan Pesta Buku Bandung 2016

Ibu Wiwin  

 

 

 

 

 

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku