Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

Lomba Cerdas Cermat Permuseuman Tingkat SMP Se-Jawa Barat

Posted on Jun 11, 2015

9 Juni s.d 10 Juni 2015

Aula Museum Sri Baduga Bandung

Sumber Berita : Iip Syarif Hidayat (Kurator Museum Sri Baduga)

Pemenang Cerdas Cermat Permuseuman Tingkat SMP se Jabar pada laga final (kiri-kanan), Bapak Pahan, SMPN 1 Banjar, Ibu Tini,Drs. Sajidin Aries di Museum Sri Baduga, Jalan BKR, Kamis (11/6/2015). 



Cerdas Cermat Permuseuman



Perkembangan museum di era globalisasi mempunyai peran penting bagi masyarakat dalam melestarikan budaya bangsa khususnya bagi masyarakat yang ingin mendalami kebudayaan untuk kepentingan studi dan juga kepariwisataan, karena koleksi yang dipamerkan di museum bernilai budaya tinggi yang dapat dijadikan sumber pengetahuan dan daya tarik wisata.

Museum sebagai lembaga non formal pendidikan, mendukung upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan nasional dengan meningkatkan sumber daya manusia berwawasan pengetahuan tentang permuseuman. Sebagai objek wisata museum berupaya mempromosikan keberadaannya dengan penyebaran informasi yang benar akan arti tugas dan fungsinya maupun dengan tampilan tata pameran serta koleksinya yang menarik dan bernilai tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh museum dalam hal ini adalah melaksanakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP se Jawa Barat. Kegiatan tersebut sebagai upaya benteng untuk mengantisipasi perkembangan dan moderenisasi zamanyang tidak bisa kita hindarkan. Seperti kita ketahui bersama, perkembangan zaman yang begitu pesat membuat generasi muda harus benar-benar pandai dalam memilih hal yang positifagar tidak terjadi degradasi moral,akhlak dan nilai – nilai budaya.

Untuk itulah diperlukan kegiatan-kegiatan positif dalam menyalurkan aspirasi-aspirasi, hoby, bakat dan lain sebagainya, agar generasi muda mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Untuk menjembatani hal itu diperlukan suatu wadah sebagai motor yang bisa mendrive dan membawa generasi muda ke arah yang positif dan tetap memegang teguh nilai-nilai budaya sehingga menjadikan dirinya sebagai generasi muda yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan budayaserta menjaga moral bangsa.

 

A. Maksud dan Tujuannya;

  • Maksud 

         Memberikan motivasi kepada para pelajar tingkat SMP yang memiliki bakat dalam mengembangkan pengetahuan permuseuman, sejarah, budaya dan kepariwisataan.

  • Tujuan 

  1. Mengukur kemampuan siswa tingkat SMP terhadap permuseuman, sejarah budaya dan pariwisata melalui , kajian  benda koleksi yang di tata diruang pameran museum Sri Baduga.

  2. Meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya kalangan pelajar SMP/sederajat terhadap kebudayaan permuseuman dan sejarah bangsa melalui kegiatan cerdas cermat museum ; 

  3. Mengembangkan minat siswa, pelajar untuk mengunjungi museum

  4. Menumbuhkan daya minat siswa terhadap kebudayaan Indonesia sebagai wujud nyata kontribusi museum dalam upaya melestarikan kebudayaan bangsa menciptakan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air melalui kebudayaan dan sejarah.

B. Bentuk Kegiatan

Kegiatan tersebut adalah Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP se Jawa Barat, yang akan diikuti oleh 27 regu perwakilan dari Kota Kabupaten se Jawa Barat. Materi yang dilombakan; Sejarah Kebudayaan Indonesia, Sejarah Perjuangan Bangsa, Permuseuman, Bahasa Sunda, Bahasa Inggris.

* Adapun teknik pelaksanaan Lomba sebagai berikut;

1. Tahap penyisihan

2. Tahap Semi Final dan Tahap Final

* Pemenang/juara ;

- Juara I SMP Negeri 1 Banjar

- Juara II SMP Negeri 5 Kota Depok

-  Juara III SMP Negeri 1 Ciparay Kab. Bandung.

- Harapan ke I SMP Negeri 2 Depok.

- Harapan II SMP Negeri 10 Kota Bandung.

- Harapan III SMP Negeri 1 Padalarang Kab. Bandung Barat.

Kepada para pemenang diberikan hadiah berupa; Piala, piagam, dan uang pembinaan, bagi yang berprestasi menjadi pemenang pertama merupakan utusan Jawa Barat ke tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 di Museum Nasional Jakarta.‚Äč

 

 

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku