Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

Pameran Bandung Baheula

Posted on Mar 30, 2015

(Pameran Tematik)

28 s.d 29 Maret 2015

Kota Baru Parahyangan Kab.Bandung Barat

Sumber berita : Iip Syarif Hidayat



"Pameran Bandoeng Baheula"



Tugas dan fungsi museum bukan hanya mengumpulkan, merawat dan meneliti koleksi yang telah tertata dan disimpan digudang, tetapi dapat diinformasikan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat luas yang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan benda sejarah alam budaya yang terkandung dalam koleksi tersebut.

Kegiatan promosi yang dilaksanakan museum tidak hanya menunggu bola didalam museum tetapi dapat pula dilakukan menjemput bola artinya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menginformasyikan museum kepada masyarakat seperti yang dilaksanakan Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga dengan mengikuti Festival Bandung Baheula di Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat.

Dalam festival tersebut pengunjung akan dibawa untuk menikmati serta bernostalgia peristiwa masa lalu. Dalam menginformasikan museum dan koleksinya museum menyuguhkan benda-benda koleksi yang pernah dialami dan digunakan oleh masyarakat pada zamannya seperti Tunil atau Gambar toong yang pernah digunakan sebagai alat hiburan pada peringatan pesta rakyat secara keliling, disamping itu di informasikan juga budaya tradisi menulis pada masyarakat jawa barat berupa naskah, serta alat atau media pemujaan berupa arca megalitikum.

Tujuan ke ikutsertaan festival Bandung Baheula adalah menginformasikan Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga melalui Pameran Tematik lebih dekat kepada masyarakat luas, memperkenalkan dan menggali budaya serta nilai peradaban Jawa Barat melalui cinta museum dengan mempromosikan museum melalui pameran tersebut. Selain itu meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya pelajar terhadap kebudayaan, permuseuman dan sejarah.

 

 

 

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku