Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Konten Berita

Tentara mengunjungi Museum Sri Baduga

Posted on Jan 11, 2016

23 Februari 2015

Sumber Berita : Romulo, M.Hum (Kurator Museum Sri Baduga)



Tentara mengunjungi Museum Sri Baduga



       Tentara masuk Museum Sri Baduga, kenapa tidak? Para prajurit ini bukan untuk mencari paket yang dicurigai berisi “bom” tapi mereka ingin mengetahui perjalanan sejarah budaya Jawa Barat serta bagaimana museum merawat / mendokumentasikan koleksi-koleksi yang dimilikinya. Selama ini museum identik dengan sekolahan, karena setiap hari dipenuhi oleh para pelajar dari berbagai tingkatan mulai dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi. 

      Kenyataannya, selain anak sekolahan Museum ini juga dikunjungi oleh kalangan tamu-tamu kehormatan, antara lain: Delegasi Serbia, Palestina, Brunai Darussalam, anggota DPRD kabupaten/kota, dll. Sebelum tamu kehormatan mengadakan kunjungan ke Museum, minimal seminggu sebelumnya panitia yang bersangkutan sudah berkoordinasi dengan Museum. Hal ini penting agar kedatangan tamu-tamu kehormatan tersebut dapat dikondisikan dengan baik walaupun dengan waktu yang terbatas.

                 Kali ini, tamu kehormatan yang hadir ke Museum Sri Baduga adalah peserta Diklat SESKO AD dari berbagai negara, antara lain: Vietnam, Kamboja, Singapore, Malaysia, Australia. Mereka juga sangat antusias terhadap Museum Sri Baduga. Hal ini mungkin karena sebelumnya mereka sudah mendapatkan informasi tentang koleksi-koleksi di Museum ini. Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah “Siapakah Siliwangi?” dan apa saja tinggalan-tinggalannya dan bagaimana proses akulturasi masa Hindu-Budha dengan Islam serta bagaimana perawatan koleksi berbahan kertas dan logam. Pertanyaan-pertanyaan mereka dijawab dengan lugas oleh Pemandu seraya mengajak mereka agar lebih dekat dengan prasasti Batutulis Bogor untuk menjelaskan siapa sebenarnya.

         Untuk menjawab pertanyaan lainnya yang berhubungan denga perawatan koleksi, tamu diajak langsung ke ruang lab yang berada di belakang bangunan, (non public area). Jawaban atas pertanyaan tentang prilaku generasi muda, I would like to let you know that our local government has a policy of culture, here, we have West Java  Tourism and Culture Department to create many programs in this case, Culture as well as  Tourism, protection and assesment of cultural heritage.

Text Box:  Pemandu menjelaskan sejarah kerajaan sunda padjadjaran        Kunjungan ini memberikan pengalaman kepada mereka bahwa Museum Sri Baduga berhasil memberikan kontribusi positif terhadap generasi muda  untuk memiliki ideologi kuat tentang  pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam pembangunan suatu negara. Hal itu dapat tercapai apabila dilandasi oleh akar budaya yang kuat dan disampaikan dengan baik, demikian pembicaraan antara instruktur dengan prajurit yang ditangkap oleh pemandu dan memang terbukti dari tulisan di buku kesan dan pesan “good museum, good guide dan this’s a good museum for young generation, etc”.

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku