Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A

Telepon : (022) 2504912 - Fax : (022) 2514368

Email : email@uptdkebudayaan.jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Psat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Pondok Seni, Rumah Angklung. -

Daftar Koleksi

Benda koleksi yang merupakan hasil budaya manusia masa lampau yang menjadi obyek penelitian Arkeologi. Benda-benda tersebut merupakan hasil tinggalan budaya sejak masa prasejarah sampai masuknya pengaruh barat.

Total Koleksi : 10

Kapak Sepatu

Kapak Sepatu Tembaga dan perunggu sudah dikenal manusia sejak masa Perundagian. teknologi pengolahan logam menggambarkan bahwa telah terdapat kemahiran teknologi pengolahan logam dalam memanfaatkan sumber daya alam ribuan tahun silam. Daerah-daerah di Jawa Barat, yang berhasil ditemukan artefak logam diantaranya adalah di Karangkamuliyaan,Ciamis, Subang.Berdasarkan penelitian bahwa proses pembuatan benda-benda logam dibuat dengan menggunakan teknik pengerjaan sederhan, yaitu menempa bongkahan logam sampai mendapat bentuk yang diinginkan mirip seperti pembuatan alat batu. Menurut Hodges (1968 dalam Prijono Sudarti 1998) diperlukan lima tahap, yaitu: penambangan untuk memeroleh biji logam, pemecahan menjadi kecil-kecil, pembersihan lapisan pengotor, peleburan biji logam selnjutnya tahap pemurnian dan penuangan pada suatu cetakan. Hasil penuangan ini diperoleh benda tuangan dan penyempurnaan hasil akhir biasanya dilakukan penyelesaian (finishing). Kapak logam ini berfungsi sebagai sarana upacara yaitu bekal kubur atau symbol status sosial.

Lihat

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Drs. ERICK HENRIANA, M.Si
NIP : 19641120 199002 1 001

Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku